Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 26 Oktober 2013

GENDHING GENDHING TARI NGREMO

Sesungguhnya saya sama sekali nggak suka dengan tari menari. Saya lebih suka ditari.
Maksudnya ?.
Ditari kawin maning.
He  … he … he ….
Dasar  ... Ganjen lho !
Tari Remo / NGREMO
Bagi masyarakat jawa timur penggemar acara ludruk RRI Regional Surabaya (pada gelombang MW yang kini lebih dikenal sebagai AM saja sekitar 570 MHz, ma’af saya lupa dan tidak mendengar siaran radio lagi) yang saya ketahui disekitar 70an hingga 90an setiap malam selasa dan malam sabtu sekitar jam 22.00 hingga 00.00 adalah sudah tidak asig lagi. Sebelum acara ludruk yang popular dengan kesenian khas jawa timur adalah kesenian bermotif sandiwara berseri (ada jilidnya) yang berceritakan kehidupan sosial masyarakat yang dibuka dengan music Tari Remo, atau ngremo , lalu pembuka (2) sandiwara dengan munculnya Cak Kancil Sutikno yang khas sebagai babak pemanasan dengan banyolan banyolan segarnya. Pas kanggo wong Tani, ambek makani sapi ning kandang.
Tari Remo menurut sejarahnya berasal dari Di desa Ceweng, kecamatan Diwek kabupaten Jombang. Konon tarian ini diciptakan oleh warga yang berprofesi sebagai pengamen tari di kala itu, memang banyak profesi tersebut di tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Kalau ingat Jombang aku ingat sahabat blog ini yang pernah kunjung kerumahku (Tuban) yang menamakan diri dangdutmantap.
Namun seiring berjalannya waktu ludruk mulai dilupakan orang, beralih sintron televisi swasta kita yang tanpa mengenal waktu. Ora perduli ambek jam.
 Tari remo biasanya hanya pria yang melambangkan seorang pangeran yang pahlawan gagah nan perkasa sedang berlaga berjuang dalam sebuah medan pertempuran, tetapi saat dalam acara jamuan kenegaraan sebagai penyambutan tamu, sudah digantikan wanita. Sehingga berkembang ada Tari untuk wanita “Tari Putri”. Selain itu Tari Remo didapatkan hanya dalam acara festival kesenian daerah sebagai upaya untuk melestarikan budaya Jawa Timur, kini berkembang lagi  yaitu “Tari Remo Lengkap” (mungkin yang dimaksudkan untuk tarian duet).
File ini saya dapatkan dari seseorang guru tari dikala saat akan ada acara pementasan resepsi pelepasan SMP di daerah saya. Pemrosesannyapun  tergesa-gesa, padahal saat itu saya sendiri sedang repot ada acara tertentu dan PC dalam kondisi kritis, maka untuk membuatnya jadi mp3 harus ke rumah kawan. Pada saat itu file tidak saya kasi nama sesuai daftar pada cover kaset, sehingga ketika mau posting repot jadinya. Karena dari keempat file tsb tidak cocok sesuai durasi yang ada dalam daftar kaset.
Komposisi kaset ngremo ini :
Pangendhang
Pangrawit
Pengarah Acara
Produksi
:   Cak Diyat  Sariredjo
:   Keluarga Kesenian Jawa Timur RRI Surabaya
:   Mientardjo Hs
:   Lokananta Solo
Index  A  :  _________
01.     Tari Ngremo Pria 
02.     Tari Ngremo Lengkap 
Index  B  :  _________
01.      Tari Ngremo Putri  
02.      Tari Cakra Negara  
Maka dari itulah jika ada diantara pengunjung yang menginginkan file ini, silakan koment agar ikut berpartisipasi /mengoreksi mana yang keliru.
_______________________


1 komentar:

Rekomendasi ndownload / Tips Mengunduh

Mekanis ngunduh:

01. Pilih / klik judul lagu / link unduhan.

02. Agar tidak bolak-balik meninggalkan halaman blog ini, usahakan klik kanan => pilihlah New Tab / Tab Baru.

03. Pada New Tab “www.ADF.ly ” dengan mengklik kanan atas ada “SKIP” atau “LEWATI” yang harus menunggu 5 detik, sabar ..... ! anda akan dibawa ke halaman unduhan tempat file blog ini disimpan misalnya “mediaFire “, “4shared “, ”dropbox “ atau lainnya.

=> Semoga sukses.

BLANK

X